Arsip Blog

Minggu, 15 September 2019

Seni Pertunjukan Musik Kontemporer Etnik Aceh



Pertunjukan musik kontemporer etnik Aceh dalam perjalanan masanya akan berlaku menjadi sebuah fenomena pertunjukan di Aceh. Berdasarkan dari judul di atas terdapat variabel bahasa serta pelaksanaan yang harus dipertanyakan terlebih dahulu sebelum menjadi fenomena di masyarakat, serta menjadi genre baru di era sekarang ini. Untuk menjelaskan hal ini, memerlukan berlembar-lembar kertas serta waktu yang panjang  agar menjadi suatu pemahaman dalam pertunjukan musik kontemporer etnik Aceh tersebut. Kata musik, kontemporer, etnik dan Aceh dapat dikupas melalui kajian Etimologi, Musikologi, Etnomusikologi, Antropologi, serta Sosiologi. Hal tersebut, kata yang menjadi kalimat dalam pertunjukaan musik kontemporer etnik tersebut memiliki sejarah, epistimologi, etika dan estetetika yang telah dibangun oleh dari berbagai negara agar musik sebagai dari bagian pertunjukan menjadi sebuah identitas, khususnya Aceh masih dalam pada masa menggunakan sebagai kata serapan bukan sebagai wacana (bagaimana pratik tersebut dilakukan). Dengan tulisan singkat ini, penulis mencoba untuk mempertanyakan kembali tentang kata kontemporer serta etnik saja. Hal ini, mengelitik penulis untuk dapat dibicarakan lebih lanjut dalam forum resmi agar menjadi sebuah pemahaman yang menarik dalam suatu pertunjukan, khususnya musik.

Penulis mencoba memulai dengan kata kontemporer sebagai pembahasan dari judul di atas.  Kontemporer merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang dari kata co yang artinya bersama dan tempo dipahami sebagai dengan waktu. Sehingga, dapat diartikan bahwa musik kontemporer adalah karya musik yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui (zaman kini). Dasar musik yang dipakai adalah pop, rock dan praise & worship. Peradaban musik kontemporer dalam perjalanannya di Eropa sebagai era musik yang menggunakan style musikal yang berbeda dari perdaban musik yang telah dibanggun oleh peradaban musik orkestra dan dengan kata lain sebagai bentuk perlawanan dari musik yang telah mapan di masyarakat Eropa saat itu. Melihat kajian musik kontemporer di Indonesia telah dilakukan dari tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Perdebatan yang panjang telah terjadi antara praktisi musik tradisional serta pelaku yang menyetujui musik kontemporer sebagai bagian dari pertunjukan di Indonesia. puncaknya, karya-karya musik kontemporer tidak lagi menjelaskan ciri-ciri latar belakang tradisi budayanya walaupun sumber-sumber tradisi itu masih terasa lekat.
Kata Etnik /et·nik/ /étnik/  berdasarkan dari kamus besar indonesia antra bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya; etnis. Hal ini, tidak menyangkut ciri fisik atau ras saja. Etnik merupukan perwujudan budaya yang memiliki bentuk matrial serta non matrial. Sehingga, benda-benda yang tercipta merupakan sebagai dari simbol serta identitas suatu kelompok satu dengan lainnya.

Berdasarkan uraian di atas penulis memiliki pertanyaan yang sangat besar terhadap pertunjukaan musik kontemporer tersebut. Perkembangan musik di Aceh telah melalui proses serta tokoh-tokoh yang sangat banyak dalam menciptakan karya agar menjadi identik musik Aceh. Karya-karya tersebut tercipta secara dinamis agar dapat di terima oleh masyarakat pendengarnya. Hingga saat ini, masih ada pecinta musik-musik terdahulu mendengarkan musik tersebut maka karya musik tersebut tidak lekang oleh masa dan menjadi identitas musik Aceh. Pertunjukan musik kontemporer di Aceh merupakan hal yang harus dipertanyakan dalam pelaksanaanya. Pelaksanaan pertunjukaan musik kontemporer di Aceh musik tersebut bagaikan lompatan quantum bagi pengkarya musik bagi saat ini. Hal tersebut, dapat menjadi suatu pertunjukan yang konyol dan pertanyaan yang besar bagi penonton karena permusikan Aceh masih banyak permasalahan yang belum dibahas menjadi suatu pertunjukan, baik dari segi etimologi, epistimologi, etika serta estetika. Orang Aceh mengenal musik dengan istilah lagu maka hal tersebut telah dapat menjadi suatu kesamaan dalam perbendaharaan definisi musik secara general. Seni pertunjukan musik dapat dilihat dari segi suka atau tidak suka (faktor historikal pendengar), enak atau tidak enak (yang mempengaruhi indrawi pendengar) dan secara intelektual (melodi, timbre atau tempo).

Musik atau lagu yang di kenal oleh masyarakat Aceh memiliki Fungsi dalam suatu pertunjukan pertunjukan. Fungsi primer serta sekunder. Dalam pertunjukan yang menjadi suatu sajian baru ini musik etnik Aceh yang dikemas dalam tehnik kontemporer menuju pertunjukan sekunder. Pertunjukan seni sekunder dapat menjadi permasalahan yang harus diatasi secara sistematis agar bukan sebagai fenomena saja serta kebebasan ekspresi dari pengkarya tanpa mempertimbangkan nilai-nilai kearifan lokal Aceh . Bentuk penyajian musik kontemporer dan musik etnik memiliki pehaman yang paradok (bertolak belakang) dalam suatu pertunjukan. Karya-karya musik Aceh dalam perjalanannya masih dalam tahap kreasi baru, belum sampai pada tahap pertunjukan musik eksperimental, apalagi sebagai bentuk perlawanan dalam tatanan masyarakat yang mapan. Pendengar musik di Aceh masih mendengarkan lirik yang dapat membangkitkan semangat gairah serta hal-hal yang responsif menjadi guyonan dalam suatu karya. Perkembangan musik di Aceh masih memerlukkan pelaku-pelaku musik yang mengarahkan perkembangan musik secara dinamis, jangan latah terhadap perkembangan genre musik yang dihadirkan dunia perindustrian musik dunia. Pendengaran instumen musik sebagai idiom menghantarkan pada suatu nilai ekstase masih memerlukan waktu bagi masyarakat Aceh, serta didukung dengan para ilmuan mendiskusikan serta mengarahkan pertunjukan musik kontemporer etnik di Aceh dapat menjadi suatu wacana dan cabang apresiasi yang memiliki nilai esensial.

Dalam tulisan singkat ini penulis mengharapkan kritikan lebih jauh lagi serta memerlukan ruang forum yang lebih resmi dan ilmiah, agar permusikan di Aceh dapat menjadi suatu perbendaharaan yang dapat di teruskan kepada anak cucu kedepan.

Wassalam

Rudi Asman S.Sn



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan Metode Penelitian untuk Musik Aceh

  Klasifikasi merupakan mengenal ciri khas atau pembagian kelompok permasalahan   dari suatu objek sehingga kita akan menjadikan objek ter...

popular post